Tuesday, March 24, 2015

Kebiasaan Diet yang Jamin Anda Turunkan Berat Badan!!

Semuanya tahu, menurunkan berat badan itu tak mudah. Ya, butuh perjuangan yang tiada hentinya untuk mendapatkan angka turun 1 atau 2 kilogram saja. Namun jika Anda menginginkan hingga bentuk Anda ramping, terbayang ‘kan berapa banyak usaha yang harus Anda lakukan? Satu yang wajib Anda lakukan ketika melakukan program menurunkan berat badan, yakni dengan menerapkan pola hidup sehat.



Membiasakan hidup sehat di setiap urat nadi kehidupan Anda adalah yang utama. Jika hal tersebut Anda lakukan dengan mudah, maka bentuk tubuh ramping pun akan mengikuti dengan sendirinya.

Ya, berikut adalah informasi terkait dengan kebiasaan diet yang menjamin Anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah.

#Jangan Lewatkan Sarapan Anda
Mungkin sebagian dari Anda berpikiran bahwa sarapan akan membuat tubuh Anda menyimpan banyak kalori. Ya, hal itu memang benar, tapi informasi tersebut hanya sepenggal dari kebenarannya. Lebih lengkapnya adalah, sarapan bisa membuat tubuh Anda menyimpan lemak lebih banyak. Namun, hal tersebut hanya terjadi jika menu sarapan Anda terdiri dari menu makanan yang tinggi akan kalori. Untuk itu, sarapan akan lebih bermanfaat bagi tubuh jika seandainya Anda memilih menu makanan yang tinggi akan protein. Hal tersebut akan membantu Anda membakar kalori Anda sepanjang hari, meningkatkan energi untuk metabolisme tubuh, hingga membantu Anda menurunkan berat badan.

#Membatasi Porsi Makan Anda
Mengontrol porsi makan adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keinginan Anda menyantap makanan yang lezat. Untuk itu Anda perlu bersikap cerdas. Dengan mengurangi porsi makan Anda, hal tersebut akan berperan sekitar 70% dalam menurunkan berat badan. Mulai dari sekarang, gunakan wadah-wadah yang lebih kecil seperti mangkuk dan piring dengan ukuran yang lebih kecil daripada biasanya.

#Minum Teh Hijau
Polifenol dalam teh hijau dapat membantu Anda membakar lemak dengan menggunakannya sebagai energi . Senyawa yang terkandung seperti epigallocatechin (EGCG) dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan dapat menekan nafsu makan Anda. Dua hingga empat cangkir teh hijau dapat membakar 70 hingga 80 kalori per hari. Hal itu dikarenakan, teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan membantu latihan Anda dengan memberikan ketahanan tubuh yang lebih kuat. Agar Anda tak bosan dengan rasa teh hijau yang Anda minum, Anda dapat menambahkan daun mint, beberapa tetes lemon atau jahe. Hal itu tergantung dengan selera yang Anda miliki.

#Hindari Makanan Kemasan
Cobalah untuk menghindari makanan yang dikemas, makanan siap makan, atau makanan kalengan. Hal tersebut dikarenakan, makianan-makanan tersebut tinggin akan gula, garam, pengawet, pewarna makanan, dan lemak yang berkontribusi terhadap naiknya berat badan. Sebaliknya, mulai sekarang pilih makanan yang dimasak sendiri, bukan melalui makanan kemasan yang mempunyai bahan pengawet.

#Pilih Makanan Tinggi Serat
Makanan yang kaya akan serat dapat membantu mengusir lemak yang tidak diinginkan oleh tubuh. Selain itu, serat dapat membantu Anda menjaga perut Anda tetap penuh dan kenyang lebih lama. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, beras, gandum, biji-bijian merupakan sumber yang baik untuk serat dan harus Anda sertakan dalam menu sarapan.

#Minum Banyak Air Putih
Terkadang kita terkecoh dan bingung membedakan apakah kita sedang haus atau lapar. Itulah yang menyebabkan tindakan yang kita lakukan tidak sejalan dengan permintaan yang diinginkan oleh tubuh. Itulah sebabnya, Anda perlu memastikan apakah rasa lapar tersebut memang karena haus atau benar-benar tubuh merasa lapar. Untuk itu, setiap kali Anda merasa lapar, tidak ada salahnya untuk mencobanya dengan minum air putih. Apabila rasa lapar tersebut hilang, maka tubuh memang sedang haus. Namun, bila yang terjadi sebaliknya, maka Anda harus makan besar untuk mengatasinya. Menurut Tehhealthsite.com, Anda harus minum setidaknya 10-12 gelas air ukuran biasa dalam setiap harinya. Hal ini agar menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik dan mengilangkan racun dari tubuh Anda.

#Miliki Waktu Makan Malam Lebih Awal
Mengonsumsi menu makan malam Anda dengan cara ini akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan juga meningkatkan proses pencernaan Anda. Ini merupakan langkah cerdas, karena semakin malam, proses tubuh dan metabolisme Anda semakin melambat. Jadi jika Anda makan larut malam, makanan tak lagi dimanfaatkan sebagai energi. Sebaliknya, makanan-makanan tersebut akan dikonversi oleh tubuh menjadi lemak. Inilah yang akhirnya membuat berat badan Anda kian hari semakin bertambah naik.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut mutlak Anda lakukan jika menginginkan berat badan yang ideal. Kebiasaan adalah suatu hal yang dilakukan secara berulang. Oleh sebab itu, jika Anda tak mencobanya dari sekarang, sampai kapanpun Anda tak akan terbiasa. Dan hal tersebut akan membuat Anda lebih jauh dari mimpi Anda mendapatkan tubuh proporsional.

No comments:

Post a Comment